Tuesday, February 12, 2013

Musang Sulawesi

Musang Sulawesi (Macrogalidia Musschenbroeki)


Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Viverridae

Subfamily: Paradoxurinae
Genus: Macrogalidia (Schwartz, 1910)
Species: M. musschenbroekii
Binomial name : Macrogalidia musschenbroekii (Schlegel, 1877)


Musang sulawesi, Macrogalidia musschenbroekii, merupakan satu-satunya binatang pemakan daging (karnivora) yang endemik untuk Sulawesi. Binatang ini merupakan jenis mamalia darat yang paling tidak dikenal dari Sulawesi.

Panjang tubuhnya adalah antara 
65 sampai 71 cm (tanpa ekor) dan beratnya antara 3,8 hingga 6,1 kg. Bagian atas tubuhnya berwarna coklat muda hingga coklat tua, sedangkan bagian bawah berkisar dari kuning kecoklatan sampai keputihan. Bagian dadanya berwarna kemerahan dengan bintik-bintik coklat sempit, sedangkan pada sisi tubuh dan bagian punggung terdapat garis-garis, dan ekornya bergelang-gelang coklat muda hingga coklat tua.


Musang ini terdapat di hutan dataran rendah maupun hutan pegunungan sampai dengan ketinggian 2.600 m. Binatang ini sering dilaporkan terlihat di hutan primer, walaupun, pernah juga dijumpai di padang rumput dan daerah perkebunan. Makanannya terutama mamalia kecil dan buah, khususnya buah palem. Binatang ini sangat mahir memanjat dengan menggunakan kakinya yang lentur serta jari yang berselaput dan cakar yang bisa ditarik sedikit (semi-retractile). Binatang ini sering hidup menyendiri, meskipun induk dan anak yang masih kecil suka berkeliaran dan makan bersama.

Sedikit sekali yang diketahui mengenai musang ini karena hanya ada sedikit catatan yang tersedia. Sampai belum lama ini, binatang ini diketahui hanya terdapat di Sulawesi Utara saja, yakni mulai dari Gunung Klabat sampai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Namun, tim peneliti WCS-IP Sulawesi menemukan musang ini di Sulawesi Tenggara, yakni di Taman Nasional Rawa Aopa dan Taman Wisata Alam Mongolo.



Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Sulawesi_palm_civet

No comments:

Post a Comment

Popular Post